Sistem Bahan Bakar di Gas Turbine Engine, artikel yang saya sharing menurut beberapa sumber dan semampu pengetahuan saya. Sistem berarti gabungan komponen / section menjadi satu yang mempunyai tujuan tertentu, sebab membahas system bahan bakar di pesawat terbang. Tujuannya ialah mensuplai bahan yang bersih pada tekanan yang tepat dan dalam jumlah yang diperlukan untuk mengoperasikan suatu mesin.
Fuel (Bahan Bakar) secara umum ialah zat, ketika dicampur dengan oksigen, kemudian di bakar dan menghasilkan panas. Bahan bakar diklasifikasikan bedasarkan keadaan fisik yaitu :
- Solid Fuels digunakan untuk pembakaran luar. Contoh : Nuklir, Uap
- Gaseous Fuels digunakan untuk pembakaran dalam. Contoh : Piston
- Liquid Fuels digunakan untuk mesin-mesin berat. Contoh : Mesin Diesel, Gas Turbine Engine
Liquid Fuels digunakan pada pembakaran dalam. Liquid Fuels diklasifikasikan ialah volatile (mudah menguap); Alkohol, Benzol, Minyak Tanah dan Bensin, nonvolatile (tidak mudah menguap); Heavy oils yang digunakan mesin diesel. Aviation fuel ialah Liquid Fuels, yang melewati pembakaran melepaskan energi panas dan diubah menjadi energi mekanik oleh engine menjadi penghasil gaya dorong untuk pesawat. (AVGAS 115, AVGAS 100 High Lead or Low Lead, AVGAS 80, Kerosene JET A-1 dan Kerosene JET B).
Turbine Engine Fuel System adalah sistem yang sangat rumit.
Fuel control dapat dibagi dalam dua grup dasar :
- Hydro-mechanical types are composed of speed governors, servo systems, sleeve and pilot valves, feedback or follow-up devices, dan metering systems.
- Full Authority Digital Engine (or Electronic) Control (FADEC)
Basic Fuel System
Fuel System adalah sistem pengisian, penyimpanan dan pendistribusian fuel ke system engine dan APU. Penyimpanan fuel yaitu fuel tank dilengkapi dengan electrical boost pump yang mendistribusikan fuel (lines) dibawah tekanan ke engine dan APU. Fuel yang dimuat ke pesawat dari ground akan melalui sebuah katup fueling dibagian fueling yang bertekanan . Electric motor-driven boost pump dan saluran fuel mendistribusikan fuel dari suatu tank ke engine. Electrically operated valve mengontrol fuel cross-feed dan Engine fuel shut off. Pump and valve pengontrol (selector valve) di lengkapi dengan instrument dan indicating light untuk memonitoring system tersebut. Pengaturan dari system control panel berada didepan diatas kepala panel.
Didalam Fuel System sendiri terdapat beberapa system yang dapat membantu Fueling dan De-Fueling lebih cepat seperti :
- Fuel Vent System
- Pressure Fueling System
- Fuel Quantity Indicating System
Fuel Vent System mencegah kelebihan tekanan atau kehampaan dari pendistribusian fuel. Vent channel memanjang sampai ke main dan center tank yang berdekatan dengan skin wing bagian atas pada setiap section channel. Tabung vent memberikan venting ketika katup float membuka.
Pressure Fueling System menyuplai fuel untuk mengisi tank-tank dipesawat. Refuel station berada di leading edge wing kanan yang memiliki:
- Refuel panel
- Fueling receptacle manifold
- Fueling power control switch
- Fueling receptacle
EmoticonEmoticon